Rabu, 06 Desember 2017

ARTIKEL MENGENAI 3 TEMPAT WISATA FAVORIT KABUPATEN BANYUMAS



Exploring Tourism Travel Of Banyumas Regency

Seperrti yang kita ketahui, sebagai manusia itu pasti pernah mengalami kejenuhan yang luar biasa. Mungkin dari masing-masing orang mengobati kejenuhan mereka dengan cara yang berbeda-beda pastinya, ada yang harus makan banyak, belanja ke mall, istirahat sejenak, dan lain sebagainya. Banyak dari mereka untuk menghilangkan kejenuhan dengan cara rekreasi atau liburan, entah itu mau rekreasi bersama keluarga, sahabat, pacar, ataupun sendiri juga tidak mengapa. Pada kali ini akan dibahas seputar pariwisata favorit Kabupaten Banyumas yang siap menjadi sumber referensi liburan bagi siapapun itu.

Banyumas sebuah kabupaten di daerah Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Tegal. Kabupaten ini sudah dibilang tidak asing lagi ditelinga kita, ditambah dengan bahasa ngapaknya yang apabila didengar membuat orang menjadi heran dan lucu. Sebenarnya Banyumas memiliki potensi dan sumber daya baik alam maupun manusianya, yang membuat citra kabupaten ini sangat dikenal orang local lain bahkan turis-turis dari dunia internasional. Salah satunya adalag aspek pariwisata, di Banyumas terdapat beberapa tempat wisata yang populer dan mesti harus dikunjungui oleh teman-teman semua baik di dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri sekalipun. Tempat wisata yang popular tersebut ada 3 , yakni :
Baturraden
 Baturraden merupakan salah satu tempat wisata yang paling laris manis didatangi banyak pengunjung. Dikarenakan, panorama alam yang disajikannya sangat indah dan cantik serta suasananya yang membuat siapapun disana merasa nyaman dan tenang. Pariwisata ini terletak di utara kota Purwokerto dibawah kaki gunung slamet tepatnya di Desa Karangmangu, Kec. Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
   Di Baturraden menyajikan berbagai wanawisata didalamnya seperti Pancuran Pitu, Telaga Sunyi, Pancuran Telu, dan masih banyak lagi. Kuliner-kuliner khas banyumas juga tersedia disini seperti mendhoan, soto sokaraja, gethuk yang siap disantap oleh teman-teman semua, tetapi jangan lupa untuk bayar ya. Alhamdulillah, pada bulan ini November Lokawisata Baturraden berhasil menduduki pariwisata terbaik pertama se-jawa tengah dan sebentar lagi maju untuk ke jenjang nasional.  Intinya, Baturraden ini tempat wisata yang murah meriah dan teman-teman harus mencobanya, karena tempat ini akan memberi aura-aura kebahagiaan.

Masjid Saka Tunggal
Setelah kita menjelajahi wisata yang bernuansa kebersamaan dan bahagia yakni Baturraden. Sekarang kita berpindah ket tempat wisata yang mengandung nuansa religi, yakni Masjid Saka Tunggal. Tempat ini merupakan dsetinasi wisata yang sangat favorit dikalangin umat islam baik dari dalam maupun luar kota, bahkan pernah dikunjungi turis dari timur tengah. Letaknya lumayan jauh dari pusat kota, yaitu di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.Waktu yang bisa ditempuh kalau dari Purwokerto kurang lebih 1 jam. Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah banyaknya kera-kera jinak yang mudah bercengkrama dengan orang-orang yang dating mengunjunginya. Selain itu masjid ini sangat unik, karena hanya memiliki satu tiang utama penyangga yang berada ditengah, terbukti masjid ini tetap berdiri kokoh. Masjid ini dikaitkan dengan sejarah islam yakni ada seorang penyebar islam yang bernama Mbas Mustholih yang hidup pada saat Mataram Islam Kuno dengan membuat markas perlindungannya yang ditandai dengan dibangunnya Masjid Saka Tunggal Ini.  Buat teman-teman semua yang ingin meningkatkan status keimanan dan keislaman bisa mengunjungi ke tempat ini. Cukup murah tidak mencapai 10.000 untuk tiket masuk perorang dan dianjurkan juga membeli kacang kulitnya yang nanti bisa dibagikan kepada kera-kera yang berada dijalanan menuju masjid.

Monumen Jendral Soedirman
Dunia hiburan dan senang-senang sudah, dunia religi juga sudah, jadi sekarang menuju tempat wisata terakhir yakni, Museum Jendral Soedirman sebagai kawasan wisata yang bernuansa pendidikan. Letaknya di daerah Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah. Tempat pariwisata ini menawarkan pengunjung dengan koleksi-koleksi gambar atau diorama tentang perjuangan Panglima Jendral Soedirman di daerah Banyumas dan sekitarnya. Di lantai atas juga terdapat sebuah patung sang panglima yang terbuat dari perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.
 Wisata ini sangat cocok sebagai studi pengembangan untuk semua umur baik anak-anak, remaja, dan dewasa agar mereka bisa mengenal tentang pendidikan yakni sejarah. Untuk para pengujung yang ingin masuk ke museum tersebut khususnya teman-teman pembaca cukup dengan membayar kurang lebih 8000,00 aja sudah cukup dan dapat menikmatinya kecuali, pada area-area tertentu yang memungkinkan harus mengeluarkan biaya lagi. Terdapat juga, fasilitas permainan untuk anak-anak diluar museum sangat menambah suasana keindahan dan kebahagiaan di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA-CARA PENULARAN HIV AIDS

HIV AIDS merupakan suatu kasus penyakit yang tabu di kalangan kita. Dikarenakan, penyakit ini sangat ganas dan bisa membuat yang terse...